• Breaking News

    Rabu, 14 Juni 2017

    Cara Mencegah Penyakit Kanker Paru-Paru

    Kanker Paru-Paru adalah jenis kanker yang cukup berbahaya dan merupakan penyebab kematian yang cukup tinggi. Salah satu penyebab kanker paru-paru yang paling banyak adalah disebabkan oleh asap rokok atau kebiasaan merokok. Gejala yang biasa terjadi pada kanker paru-paru meliputi sesak napas, nyeri dada, batuk berkepanjangan, batuk darah, berat badan menurun, hilang nafsu makan, pembengkakan pada muka dan leher. 

    Kanker paru-paru dapat dicegah sejak dini, pencegahan dengan tepat dan benar dapat menghindari risiko yang mebahayakan serta mengurangi tingkat keparahan kanker. Karena penyebab yang paling sering dari kanker paru-paru adalah rokok, maka berhenti merokok atau menghindari asap rokok adalah hala yang harus dilakukan. Kanker paru-paru dikenal dengan penyakit yang sulit disembuhkan. Maka dari itu, mencegah penyakit kanker ini adalah langkah yang tepat.

    Cara Mencegah Penyakit Kanker Paru-Paru


    Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pencegahan penyakit kanker paru-paru selain dengan menghindari penyababnya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan kanker paru-paru, diantaranya:

    • Berhenti Merokok dan Hindari Asap Rokok

    Cara paling utama untuk mencegah kanker Paru-Paru adalah dengan berhenti merokok dan menghidari asap rokok. Perokok aktif dan pasif sangat berisiko mengalami kanker paru-paru, sehingga untuk menguragi risiko dan pencegah kanker berhentilah merokok.

    • Konsumsi Makanan Sehat

    Konsumsilah makanan yang tinggi kandungan serat dan rendah lemak. Buah dan sayuran cocok dikonsumsi sehari-hari dan hidari mengkonsumsi suplemen vitamani karena memiliki efek samping.

    • Olahraga Secara Rutin

    Olahraga secara rutin dan teratur dapat menyehatkan dan membugarkan tubuh. Usahakan olahraga secara rutin atau mulai secara bertahap setidaknya 2-3 jam setiap minggu.

    • Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

    Pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat mengetahui perkembangan dan kondisi dari paru-paru. sehingga jika ada yang tidak beres dapat segera terdeteksi dan ditangani dengan tepat. 

    • Hindari Zat Kimia

    Paparan zat kimia terhadap tubuh sangat berbahaya, jika sering berinteraksi dengan zat kimia dapat memicu timbulnya kanker. Zat kimia seperti karsinogen dapat menyebabkan timbulnya kanker paru-paru secara perlahan dan merusak sel DNA.

    • Hindari Lingkungan Yang Tercemar

    Udara dilingkungan yang sudah tercemar dapat meninbulkan penyakit kanker, hidarilah berada dilingkungan yang tercemar gas berbahaya seperti pertambangan, indrustri dan temapat lainnya.

    • Pencegahan dengan Pengobatan

    Selain karena faktor lingkungan dan asap rokok, penyakit kanker paru-paru juga dapat terjadi karena komplikasi suatu penyakit yang menyerang paru-paru. Seperti penyakit bronkitis, TBC, paru-paru basah, dll. Sehingga perlu pencegahan dan pengobatan yang tepat terhadap penyakit pada paru-paru supaya dapat mencegah komplikasi dan menjadi kanker.

    • Ubah Pola hidup Menjadi Sehat

    Ubah gaya hidup dan pola hidup menjadi tertata dan disiplin serta hindari kegiatan atau makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan, terutama kesehatan paru-paru.

    Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit kanker paru-paru. Pencegahan dapat dilakukan sejak dini untuk menghindari risiko terkena kanker dan menurunkan tingkat keparahan kanker tersebut.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel