• Breaking News

    Rabu, 14 Juni 2017

    Penyebab Utama Penyakit Kanker Paru-Paru

    Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang berkembang pada organ paru-paru. Penyakit berbahaya dengan pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dan sudah banyak yang mengalami penyakit ini. Gejala kanker pada tahap awal akan sulit diketahui dan biasanya gejala akan timbul dan berkembang setelah penyakit berada pada kondisi yang semakin parah.

    Banyak penyebab dari penyakit kanker paru-paru ini, diantaranya adalah asap rokok atau kebiasaan meroko, polusi udara, paparan radiasi, dan sebagainya. Kanker paru-paru dapat dialami oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa dan lansia. Resiko mengalami penyakit ini akan meningkat jika Anda seorang perokok aktif, namun perokok fasif juga berisiko.

    Penyabab Utama Kanker Paru-Paru



    Penyebab yang paling umum dari penyakit kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok atau terpapar asap rokok. Sekitar 90% penyebab kanker paru-paru pada pria adalah rokok sedangkan wanita 70% mengalaminya. Kondisi ini dapat semakin parah jika Anda terus terpapar asap rokok. Di dalam sebatang rokok mengandung banyak zat berbahaya yang dapat memicu timbulnya sel kanker seperti vinyl chloride, benzo (a) pyrenes, dan nitroso-nor-nicotine.

    Zat-zat berbahaya itu lama kelamaan akan masuk ke paru-paru dan mengendap, menumpuk, membentuk plak hitam yang dapat menggerogoti paru-paru. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata rokok mengandung 4000 jenis racun dan zat yang membuat kecanduan adalah zat nikotin. Zat pemicu kanker seperti karbon monoksida yang merupakan gas hasil pembuangan kendaraan.

    Perokoko aktif sangat beriko mengalami kanker paru-paru, namun para perokok pasif juga dapat berisiko mengalaminya. Penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu mengungkapkan 20% wanita yang menghirup asap rokok atau perokok pasip telah terserang penyakit kanker paru-paru, sedangkan pada pria 8% prokok pasif mengalaminya. Tentunya ini adalah kondisi yang berbahaya, terlebih lagi sekarang rokok sudah menjadi gaya hidup yang sudah umum dilakukan. Bahkan anak-anakpun sudah banyak yang menjadi perokok aktif.

    Gaya hidup yang tidak sehat itu lambat laun akan merugikan diri sendiri bahkan orang lain disekitarnya. Sudah banyak kasus dari penyakit kanker paru-paru yang disebabkan oleh paparan zat racun dari asap rokok. Selain itu, rokok juga sangat berbahaya jika terhirup oleh anak-anak karena mereka masih rentan terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna. Dan juga bagi ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungannya.

    Berhenti dari sekarang atau menjaulah dari asap rokok dan perokok aktif supaya dapat mencegah timbulnya penyakit kanker paru-paru. Meski penyakit ini dapat tertolong jika masih pada tahap awal, naum jika sudah dalam kondisi yang parah akan sulit mengobatinya. Mencegah sejak dini lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel